Kamis, 30 April 2015

Causative have and get

Causative have dan get dalam bahasa Inggris bermakna memerintahkan/meminta seseorang untuk melakukan sesuatu. Have dan Get umunya dikenal sebagai konstituent kata yang tergolong kedalam kata kerja (VERB) yang memiliki arti mempunyai dan memperoleh. Have dan Get juga digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh penutur untuk menyatakan hal yang telah lampau dan sesuatu yang telah dipahami sebagaimana contoh berikut ini

I have done already (saya telah selesai)
I get it (saya paham)

Namun selain untuk menyatakan hal – hal diatas, have dan get juga dapat digunakan untuk memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Untuk itu mari kita pelajari lebih lanjut bagaimana membuat pola kalimat causative  dengan menggunakan Have dan Get.

subject + have/has + Object (someone) + Infinitive
contoh kalimat:
I have him repair my mobile phone (saya menyuruh dia untuk memperbaiki ponsel ku)
Arham has Rian do the assignment (Arham menyuruh Rian memngerjakan tugas tersebut) 

hal ini  juga dapat dinyatakan dalam bentuk causative of things (bentuk perintah tanpa diikuti oleh obyek nama atau orang , berikut pola kalimatnya:
Subject + Had + Object (things) + Past participle
contoh kalimat:

(1) Adrian had the computer installed (Adrian menyuruh komputernya untuk diinstall)
(2) My teacher has a paper prepared (Guruku menyuruh untuk menyiapkan lembar kerja tugas untuk disiapkan)

pada pola ini, secara lexical (makna kamus) arti kata pada kalimat-kalimat di atas terlihat membingungkan. hal ini juga sering ditemukan dalam bahasa buku-buku tata bahasa Inggris(grammar), sehingga berdampak pada kejenuhan pelajar untuk membaca. untuk itu, penulis berinisiatif untuk membantu dengan memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

pola diatas sebenarnya dapat diartikan dengan mudah, mari kita gunakan gaya bahasa yang umumnya digunakan. lihat pada contoh(1), kalimat ini dapat diartikan “Adrian telah meminta agar komputer milknya di install”  dan pada contoh (2) kalimat ini berarti “guruku telah memerintahkan untuk menyiapkan lembar kerja tugas”. saya harap ini dapat sedikit membantu teman-teman pelajar.

selanjutnya mari kita membuat pola kalimat perintah dengan menggunakan Get
Subject + Get/Gets + Object (someone) + To + Infinitive
contoh kalimat:
I get her to open the window (saya menyuruh dia untuk membuka jendala)
The teacher gets his students to collect the assigment soon (Guru menyuruh siswanya untuk mengumpulkan tugas secepatnya)

dapat juga dinyatakan dengan menggunakan pola berikut:
Subject + Got + Object (things) + Past Participle
berikut contoh kalimatnya:
I got the window opened (saya meminta agar jendela dibuka)
He got the book page found soon (dia meminta agar halaman buku tersebut ditemukan segera)

Sumber : http://englishisabc-id.blogspot.com/2013/08/penggunaan-causative-have-dan-get.html

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!