Selasa, 02 Juli 2013

Kemiskinan dan Pengangguran

Pengangguran merupakan permasalahan yang cukup serius bagi banyak negara di dunia, bahkan hampir semua negara mengalami permasalahan tentang pengangguran.
Seseorang yang menganggur akan mengalami depresi dalam dirinya , karena tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, akibat dari keadaan keuangan yang tidak memungkinkan, selain itu keraguan dalam diri pun akan meningkat/tidak percaya diri untuk melakukan hal yang baik dalam meraih pekerjaan. Seorang pengangguran cenderung melakukan hal yang negatif yaitu melakukan tindakan kriminalitas seperti mencuri, menjambret, menipu, dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhan nya untuk hidup.

Artinya banyak nya jumlah pengangguran di suatu daerah atau negara , akan menimbulkan tingginya tingkat kriminalitas di suatu daerah atau negara tersebut. Selain itu juga, akan menimbulkan  banyak nya aksi demo dan terror terhadap pemerintah, yang timbul dari rasa ketidakpuasan dan keputus asaan masyarakat. Dalam hal ini saya lebih melihat bahwa pemecahan masalah ini bisa di atasi dengan kepedulian pemerintah untuk mengutamakan penanganan tentang pengangguran yang lebih serius dan perencanaan suatu pembangunan yang tidak hanya berorientasi pada propasar semata, tetapi juga harus mengutamakan pentingnya pertumbuhan ekonomi usaha kecil dan menengah, bukan hanya mengandalkan pada industri-industri atau perusahaan besar saja. Karena ini akan menimbulkan usaha ekonomi rakyat akan tergilas. Hal inilah yang akan menyebabkan bertambahnya jumlah pengangguran yang ada yang berdampak juga pada naiknya tingkat kemiskinan yang ada.
             
Kemiskinan sendiri  merupakan permasalan global. kemiskinan sendiri dapat didefinisikan sebagai, kurangnya makanan dan tempat tinggal minimal yang diperlukan untuk mempertahankan hidup. Lebih khusus, kondisi ini dikenal sebagai kemiskinan absolut. Sedangkan bila dilihat dari pengertian kemiskinan relatif yaitu mereka yang tidak mempunyai apa-apa yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang untuk hidup layak karena mereka berpenghasilan kurang dari separuh pendapatan rata-rata bangsa di negara atau daerah tersebut. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

pengangguran dan kemiskinan menurut saya bukan hanya permasalahan yang harus di pecahkan oleh pemerintah saja, tetapi juga peran aktif dari masyarakat apapun bentuknya yang mendorong terjadinya perubahan yang positif, ini juga merupakan hal yang terpenting dalam menyelesaikan dan mengatasi permasalahan ini.

sumber:
http://cumaisengajanih.blogspot.com/2012/08/fenomena-pengangguran-dan.html


Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!